PASHMINA

From WikiMuh
Jump to navigation Jump to search

Sebagai organisasi perempuan muda berkemajuan, Nasyiatul Aisyiyah yang telah berusia 89 tahun berusaha menjadi organisasi perempuan modern yang memiliki program-program yang bisa menjawab tantangan zaman. Dewasa dunia perempuan muda di Indonesia menghadapi tantangan yang semakin berat. Isu perlindungan anak, tuntutan peran ibu yang beriring dengan tuntutan karir di dunia kerja, hak dan peran perempuan dalam kebencanaan, kemandirian perempuan dan pentingnya literasi media bagi perempuan untuk menyuarakan hak-haknya. Selain itu, kerentanan perempuan muda menghadapi ancaman penyakit reproduksi, kesehatan mental dan psikologi dalam menginjak dewasa, dan sebagainya juga menjadi isu kontemporer yang dihadapi Nasyiatul Aisyiyah.

Dalam rangka menjawab tantangan isu kontemporer pada perempuan muda hari ini, Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah periode 2016-2020, mengusung program unggulan yang bersifat penguatan organisasi dan upaya menjawab isu kontemporer. Untuk program internal, Nasyiatul Aisyiyah memiliki program unggulan berupa pelatihan kepemimpinan, pelatihan manajemen organisasi dan upaya internasionalisasi organisasi melalui simposium internasional. Sedangkan dalam rangka menjawab tantangan kontemporer, Nasyiatul Aisyiyah memiliki program unggulan kelas parenting, tanggap bencana, kewirausahaan, literasi media, dan PASHMINA.

PASHIMINA ini merupakan tempat berkumpulnya para remaja, khususnya perempuan, dalam mengembangkan diri, bertukar pikiran tentang kesehatan reproduksi, dan mendapatkan layanan konsultasi psikologi dan kesehatan. Layanan yang diberikan PASHMINA dibagi dalam lima pos yakni pos layanan kesehatan untuk pengukuran indeks masa tubuh dan pemeriksaan HB, pos konsultasi kesehatan reproduksi, pos konseling, pos makanan bergizi, dan pos edukasi.

Sebelum pemberian nama secara khusus untuk program ini dengan nama PASHMINA, Nasyiatul Aisyiyah telah melaksanakan program serupa dengan nama Posyandu Remaja. Program ini dilaksanakan dengan bekerja sama dengan amal usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah. Dalam rangka memberikan identitas secara khusus, maka diambil nama PASHMINA. Selain itu, nama ‘PASHMINA’ yang merupakan salah satu model hijab juga identik dan melekat pada perempuan muslim.

PASHMINA berusaha menjawab tantangan remaja hari ini, terutama dalam menghadapi isu kesehatan mental dan kesehatan fisik, khususnya reproduksi. Remaja saat ini merupakan individu yang sedang dalam masa transisi dari kanak-kanak menuju remaja. Selain itu psikis remaja sering kali tidak stabil secara emosi, mengalami keragu-raguan, mengalami kekecewaan yang berat, dan terpengaruh teman dengan sifat dan kualitas psikis yang sama dengannya. Masalah lain yang harus mereka hadapi adalah merebaknya perilaku seksual menyimpang, meningkatnya angka perkosaan, peningkatan remaja yang mengalami kehamilan yang tidak diinginkan, serta banyaknya kekerasan fisik pada anak.

Menyimak situasi tersebut, Nasyiatul Aisyiyah melalui kegiatan PASHMINA melakukan upaya edukatif-prefentif, konsultatif, partisipatif, dan rekreatif bagi remaja, khususnya perempuan di Indonesia yang menjadi domain utama organisasi ini . Perbedaan situasi lokal di Indonesia disadari Nasyiatul Aisyiyah, maka dilakukan pendekatan edukatif dan kemasyarakatan dalam PASHMINA. Dalam pelaksanaan programnya, akan disesuaikan dengan kondisi dan situasi masing-masing daerah.

Adapun tujuan program PASHMINA adalah menciptakan remaja sehat, unggul, dan berakhlak mulia dalam rangka mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Tujuan ini dijabarkan dalam tujuh tujuan yang lebih spesifik yakni; 1) meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja; 2) mendekatkan layanan kesehatan sesuai kebutuhan remaja; 3) membiasakan perilaku hidup sehat Islami pada remaja masa kini; 4) menjadikan remaja sebagai pelaku aktif pengelolaan PASHMINA; 5) tumbuhnya kualitas remaja yang sehat jasmani dan rohani; 6) terbentuknya wadah pergaulan dan ajang pengembangan kreativitas remaja, dan 7) terbentuknya karakter remaja yang memiliki kecerdasan, kepribadian holistik, dan berakhlak Islami dalam memajukan bangsa Indonesia.

PASHMINA memiliki konsep remaja sehat yang mencakup tiga hal, yakni 1) remaja yang paham dan mempraktikkan perilaku sehat, khususunya kesehatan reproduksi; 2) remaja bermental tangguh yang selalu teguh berpengang pada agama; dan 3) remaja berwawasan yang mampu mengembangkan potensi diri, bermanfaat bagi sekitar dengan menjadi solusi dan memberi pengaruh positif bagi teman sebaya, menciptakan lingkungan sehat yang kondusif, serta menjadi generasi penerus bangsa yang mampu menjawab tantangan perubahan.

Secara resmi, program PASHMINA menargetkan sasaran remaja umum baik laki-laki maupun perempuan. Untuk pelaksanaannya, PASHMINA ini dijadikan sebagai Badan Usaha Amal Nasyiatul Aisyiyah (BUANA) non-profit yang dilaksanakan di tingkat ranting, cabang, daerah, dan wilayah. Dalam rangka pengembangan pada sasaran yang lebih luas, PASHMINA dapat dilaksanakan oleh kelompok berbasis profesi, hobi, sekolah atau berbasis kesamaan wilayah, tentunya dengan berkoordinasi dengan pimpinan ranting/cabang/daerah/wilayah Nasyiatul Aisyiyah setempat. Program PASHMINA memiliki jargon: “Remaja Sehat, Generasi Hebat”. (Gf)